03 Februari 2017

Infrastruktur Galangan Kapal Selam PT PAL Rampung Akhir Februari

03 Februari 2017

Fasilitas pembangunan kapal selam PT PAL (photos : IMF)
  
Surabaya (ANTARA News) - Infrastruktur kapal selam yang dibangun di kawasan galangan kapal PT PAL Indonesia, Surabaya, Jatim direncanakan rampung akhir Februari 2017, dan siap digunakan untuk menyusun rangkaian dan sarana pembuatan kapal selam secara mandiri bangsa Indonesia.

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) M Firmansyah Arifin di Surabaya, Jumat mengatakan keberadaan infrastruktur tersebut terdiri dari tiga bagian yakni bagian kiri, tengah dan kanan, namun tetap dalam satu rangkaian galangan.

"Yang rampung dan kini sudah 99 persen adalah bagian yang tengah, atau bagian utama yang berfungsi untuk menyusun rangkaian blok-blok kapal selam," katanya.

Ia mengatakan, rampungnya infrastruktur kapal selam pertama di wilayah Asia Tenggara itu juga bersamaan dengan rampungnya pesanan beberapa bagian kapal selam Indonesia dari Korea Selatan, sehingga bisa digunakan untuk tempat merakit secara mandiri oleh anak bangsa.

Sebelumnya, pembangunan infrastruktur kapal selam itu bertujuan untuk memenuhi target pembuatan sebanyak 12 kapal selam yang dipesan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Untuk mencapai target itu, PT PAL Indonesia melakukan kerja sama dengan Korea Selatan untuk membuat tiga kapal selam terlebih dahulu dengan cara mendidik SDM Indonesia untuk belajar ke sana membuat kapal selam.

Dari tiga kapal selam yang dibuat, satu kapal rencananya dirakit secara mandiri anak bangsa, kemudian untuk kapal keempat dan seterusnya dibuat sepenuhnya secara mandiri.

PT PAL Indonesia sebelumnya juga telah mengirimkan sebanyak 206 orang Indonesia untuk menjalani pendidikan pembuatan kapal selam di Korea Selatan, dan pada saat mereka kembali diharapkan mampu membangun kapal selam secara mandiri, sebab telah memiliki infrastruktur sendiri.

(Antara)

50 komentar:

  1. Good job Pt Pal. Now Indonesian can build own submarine amd be the first to produce Submarine in Asean

    BalasHapus
  2. Mantapp..semoga kedepanya pt pal bisa memenuhi kebutuhan kapal selam indonesia..congrat...

    BalasHapus
  3. Mudah2an berkelanjutan kearah yg lbh baik.... ini sebuah milestone dan sejarah.. selamat PT PAL... Indonesia Jaya!!!

    BalasHapus
  4. pertanyaannya adalah....mesing tools sudah beli apa belum??????terutama mesin untuk membuat atau membentuk bulat baja kapal salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang harus laporan sama lu kalo udah beli ??

      Hapus
    2. berak lancar bang suwandaru??

      Hapus
    3. Ngapain bikin pabrik kalo blm ada rencana beli mesin dan tools. Lu kira bikin buletan baja setebel itu bisa di ketok mejik.

      Hapus
  5. Mantapp..semoga kedepanya pt pal bisa memenuhi kebutuhan kapal selam indonesia..congrat...

    BalasHapus
  6. sy sbgai warga msia turut berbangga dgn kemajuan yg dicapai kalian..sy doakan agar nusantara akn memiliki kekuatan militer yg digeruni agar tidak mudah dikeronyok kuasa asing utk masa depan..

    BalasHapus
  7. Klo kita udh bs bwt KS cbg yg notabenenya type 209 ini sendiri, knp kita msh mw akuisisi KS dr tipe lain ya? Knp ga cari tipe upgrade dr type 209 ini? kyk type 214 contohnya..Jd simultan gtu lho proses TOT ke dpn nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita ngejar killo untuk dapatkan teknologi launchery misil clube inilah ingin ilmuwan kita sedang di usahakan untuk diaplikasikan di ks type u209 buatan pal nanti

      Hapus
    2. Tp bknnya KS CBG kita jg udh ada VLS bwt rudal sejenis UGM Harpoon kan ya? knp ga kejar teknologi rudalnya aja, taruh lah US psti ga bkln ksh TOT Harpoon, minimal kita bs minta Korea bwt TOT Heseong lah..

      Hapus
    3. Emang kapan kita akuisisi KS lain ? No plan, No deal

      Hapus
    4. Wacananya udh santer gan #caan.. pejabat2 AL udh bnyk yg kungker ke galangan2 kapal eropa bwt liat langsung produk KS mreka.

      Hapus
  8. tipe lain kayak killo class itu lebih tertarik pada fitur aneka rudalnya....bukan karena kecanggihan electronik atau kemampuan menyelam....U209 soal kedalaman menyelam lebih hebat dari killo

    BalasHapus
  9. This will take to much cash for indon government. Instead they should provide this investment into their poorly citizens.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're a frenchie baguette right? Rather than bitching about our programmes what about you tell your govt to fix your own public services?

      I live in Germany and everytime I visit France, I'm always worried that I can't do whatever I plan to do because you guys are sooooo famous for your demonstrations and strikes.

      And don't start about "poor citizens". Your big cities are fucking infamous for the scams and pickpockets running around freely. Fix your fucking police.

      Oh also fix your fucking postal service. My aunt sent me a packet from France and it's still not here after a month. Probably stolen by one of your "rich" citizens. Or are you guys too poor to fix those?

      I literally trust the public services of every western european country except France. Your public services keep going to strikes as if it's your national sport.

      Hapus
    2. this is not songlap submarine you know???kah kah kah

      Hapus
    3. Kita tgk nanti apa yg indutri kapal selam indon dapat buat nanti.. harap tragedi kri kelewang tidak berulang... malu ke jiran tetangga... bangsa yang hebat buat kapal yang terus ghaib...

      Hapus
    4. Kita tgk nanti apa yg indutri kapal selam indon dapat buat nanti.. harap tragedi kri kelewang tidak berulang... malu ke jiran tetangga... bangsa yang hebat buat kapal yang terus ghaib...

      Hapus
    5. Kenapa loe ? kalian iri klo indonesia sudah meninggalkan jauh dari bidang high technologi militer, orang iri itu tanda tak mampu, kegagalan bukan berarti kehancuran, akan tetapi kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, di sinilah para ilmuwan indonesia di uji untuk lebih cermat dan hati" menerapkan teknologi militer , kedepan mungkin untuk menjadikan pelajaran bagi kami

      Hapus
    6. @Lem1 yo freak, our GDP outgrows other 4 of ASEAN-5 countries combined GDP, and exactly 3 times larger than yours!! Show some respects toward the big player in this region. Otherwise, just suck Najib's dick already!!

      @Dein Negara lo aja beli MRSS nya dr PT PAL.. ga malu?!! Mank bangsa lo udh bs ekspor senjata apa aja??

      Hapus
    7. Capek nanggepin malon bung...faktanya kita sudah buat lpd dan mereka pesan ke kita...tahun ini kita buat kapal selam dan tank medium...biar mereka runtuh dengan kesombongannya...dan satu lagi...forum militer mereka menjemukan sehingga mereka ngetrol disini

      Hapus
    8. Ruly# biasalah bang beruk malon itu bodoh dan iri selalu lihat kemajuan indonesia

      Hapus
    9. Lem1# malon is really poor,malon dapat hibah black hawk dari negara kecik brunei,malon tak malu keh...nak lengkapkan 1 skuadron jet pejuang mesti butuh masa 20 tahun...malon is really truly poor n dumb all over the world

      Hapus
    10. Dein@ awak tuh teruk sangat iri awak tuh...industri militer indonesia lebih maju dari malon..indonesia sudah berjaya bine submarine buatan tempatan,sementara malon nak buat tongkangpun tak boleh kerana malon itu bodoh dan banyak cakap...lihat sahaje gowind malon sudah lama tak menjadi,sementara egypt yg sign contract sesudah malon gowindnya sudah jadi,teruk sangat malon nih,banyak cakap sahaje selalu

      Hapus
    11. Dein 1
      Shame on you if you are malaysian
      Respect others if you wish others to respect you
      KRI Klewang did burn in the past
      But, do you know how many warships PT PAL has produced?
      And they deliver on time
      you are no different than suwandru

      Hapus
    12. i think we need to solve a little bit of misunderstanding here. lem1 claims that he/she is from france so please dont relate that freak with malaysia. dein, show some respect to the indonesian. they have better shipbuilding industry than us. klewang did burn and so does many ship around the world. heck, even bns had many accident before. the flooding of kd perantau and the burning of kd inderapura.

      Hapus
    13. MOST of you should fucking shut up and stop blaming Malaysians, if you don't know where Lem1 is from.

      I LITERALLY WROTE FRENCH BECAUSE HE IS FROM FRANCE and only Ruly got it right and most of you blamed Malaysians. SHAME ON YOU DUMBASSES. Most Malays here are decent people and some of you went after them without knowing the truth.

      FUCKING CONTROL YOUR MOUTHS BEFORE SPEWING BASELESS BULLSHIT. IT'S A FUCKING MOUTH, NOT AN ANUS. YOUR BRAINS CAN CONTROL WHAT IT DOES.

      I don't care if you're an Indonesian, a Malaysian, a Filipino, or a French. If you spew bullshit without knowing the facts, you are lower than trash to me. Fucking learn to read and control your mouths.

      Hapus
    14. PS: You think Lem1 is a Malay? The dude hates Malaysians and Indonesians equally. If you are new here, control your fucking mouths because you've missed quite a lot.

      Hapus
    15. Betul tuh kita jangan terpengaruh dengan tukang ngetrol dimari.
      Mulutmu harimau mu...

      Tul kan baangg...😁

      Hapus
    16. Yang enggak ngerti tanya, yang tahu jelasin.
      Saya tahu banyak akun yg cuma nyari sensasi. Di kata-katain mereka bakal cuma ketawa-ketiwi di balik komputer.
      Be smart.

      Hapus
    17. Easy fellas, imagine how strong we will be if we are working together with our neighbour country, serumpun.
      Semua orang punya hak mengutarakan apa yang mereka pikirkan.
      We are New generation, we dont need these kind of trash talking comparing with our neighbour, we all have flaws and ups, pros and cons, doesnt mean we have to compare.
      We need to have mind set that "we are brothers! "Or sisters). Gak usah banyak bacot, kita memang banyak yg masih dibawah rata2 perkapita, itu fakta, terima, karena itu kenyataan. Tinggal kan mind set Malay dibawah kita, untuk malaysian-Indon dibawah kita. Lets start a new generation where we'll BE together, fighting what worst thing might happen to South East Asia.
      Ayo lah kawan, perkaya Kemanusiaan kita untuk masa depan Kita sendiri.

      WE (INDONESIAN AND MALAYSIAN) ARE MORE THAN THIS (INCLUDING PREVIOUS HATE COMMENTS)

      Hapus
    18. #luqman and #omar Thx God, our good neighbors made a nice comment here. Sorry for being harsh toward u'r country, I didn't mean to be rude at 1st place. But, u know.. it was just a law of nature, "when u get insulted, u retaliate". About the freak #Lem1, well, sorry for my wrong prejudice. Since usually only a bunch of idiots from u'r country use "indon" word against us.

      Hapus
  10. Dont mind lem1 if you are an educated one. Better cooperate not hatred & better understand not jealous to your neighbor and Asean to prosper peace and stability in the region.

    BalasHapus
  11. Galangan kapal selam pt PAL terlihat gagah keren harus bikin kapal selam se class projeck 636 6 . Bukan produksi kapal selam butut kecil sempit di negara asalnya sudah tidak di produksi lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bicara apa pak..?
      Saya kok tidak paham apa yang bapak ungkapkan.
      Mohon dijelaskan yaa pak..!!!😋

      Hapus
    2. Dianya bukan bicara tp kumur2 hehee

      Hapus
    3. Dianya bukan bicara tp kumur2 hehee

      Hapus
    4. @lutfi

      Ngasi kode tuh...pusing udah seminggu ga ketemu firza, xixixi

      Hapus
  12. galangan kapal selam jadi, gantian persiapan bikin infrastruktur galangan pespur.hehee.. jangan dicampur sama pabrik kapal komersil nanti ndak fokus ganggu produksi.

    BalasHapus